Yang Tercecer Dari BoyJazz Fest 2017 – “Kopi Venezuela” Rasa Dangdut

0
271
Sol Caribe. Foto: Joko 'Dolok' Prayitno.
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Oleh: Erwiantoro*

Musikpantura.com, Boyolali – Suka atau tidak, sukses atau tidak, sebuah festival, terletak dari para penghiburnya itu bisa interaksi dengan penonon atau tidak. Dan, ketika Boyolali Jazz Festival 2017, digelar di Alun-alun Kabupaten Boyolali, ada “sesuatu banget” dari salah satu pengibur.

Adalah Sol Cabire, yang digawangi oleh Juan Ostos, asal Venezuela yang menetap di Austria. Datang tiga hari sebelumnya dari daratan Eropa menuju Boyolali, hanya untuk belajar bahasa Indonesia, dan kemudian melantunkan lagu Kopi Dangdut karya Fahmi Shahab (katanya plagiat).

Menurut Juan Ostos, lagu Kopi Dangdut itu sama persis dengan lagu Moliendo Cafe ciptaan komposer Hugo Blanco, asal Venezuela, tahun 1961. Dan, lagunya sangat terkenal di kawasan Amerika Selatan (Latin) sejak tahun 60-an. Namun, kini di Indonesia, lagunya berjudul Kopi Dangdut.

“Saya suka lagu Kopi Dangdut, karena iramanya sama persis dengan Mollendo Cafe, irama musiknya nyaris sama. Di Indonesia ada ketukan ketipung, dan kebetulan kita disediakan oleh panitia alat-alat mewah itu,” tutur Juan Ostos.

Jarang sekali, penyanyi luar negeri menyanjung panitia dan tuan rumah. Kali ini, dengan bahasa Indonesia, Juan Ostos sangat berteima kasih dengan panitia lokal BoyJazz Fest, karena alat-alat yang diminta, semuanya disediakan.

Panitia lokal bilang, kalau semua alat-alat musik dan sound system yang disediakan oleh panitia lokal, berkat DSS-nya Donny Hardono. “Terima kasih, jika nanti saya masih sehat, saya ingin kembali ke Boyolali,” tegasnya.

Intinya, interaksi musisi dan penonton, terkesan jelas, saat musisi dari luar negeri mau belajar bahasa Indonesia, dan mau menyapa penonton dengan bahasa Indonesia terus menerus. Ini yang menurut mBah Coco, punya nilai tidak sekadar meriah, namun benar-benar berkesan, saat ada lagu Kopi Dangdut dilantunkan dengan gaya ‘asli Venezuela’.

 

(*) Penulis mantan wartawan Suara Merdeka biro Jakarta, juga
     Penggagas acara BoyJazz Festival 2017.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here