Xanana Gusmao Merasakan Keajaiban Dangdut Bisa Menurunkan Tegangan Antara Negara

0
1451
Xanana Gusmao begitu menikmati dan enjoy dalam Dangdut Academy Asia 2. Foto: Dok. Liputan6.com
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Musikpantura.com, Jakarta – Rabu (2/11/2016) malam lalu, program Dangdut Academy Asia 2 “DAA2”, studio 5 Indosiar, berlokasi di Jalan Damai, Daan Mogot, Jakarta Barat menjadi heboh! Lantaran di deretan kursi penonton juga turut duduk mantan presiden Timor Leste, Xanana Gusmao, juga tidak ketinggalan Din Syamsudin ikut menemaninya.

Padahal sejatinya tayangan secara live broadcasting, sama sekali  bukan tayangan ‘panggung’ politik atau kenegaraan, tetapi murni pentas kesenian, khususnya musik dangdut. Namun demikian, tak menyurutkan kedua tokoh ini untuk hadir dalam acara program musik yang menyuguhkan pertarungan grup E DAA2, yakni; Ihsan Tarore (Indonesia), Asmidar Ismie (Malaysia), Ernie Selena (Singapura), Yadiy Yussof (Brunei), Suneeta Mayo (Thailand), dan Dora Bria (Timor Leste).

Malam itu, Dora Bria usai mendendangkan lagu Zainal-nya Rita Sugiarto, tanpa disadarinya mendapat kejutan dari Xanana yang secara tiba-tiba ke panggung dan dengan serta merta, mantan orang nomor satu Timor Lesta mengajak semua yang hadir dalam studio untuk berjoget dan menyanyikan lagu Terra Jana ciptaan Rhoma Irama. Bahkan tanpa merasa canggung, Xanana pun menunjukkan aksi jogetannya.

“Dia mantan presiden. Mantan wakil perdana menteri. Tapi saya curiga dia bukan politisi, melainkan penyanyi. Sejak kapan Anda menyanyi?” canda Din Syamsudin.

Selanjutnya cerita Din Syamsudin, kehadiran di studio Indosiar demi untuk mengantar Xanana Gusmao, sahabatnya yang keberadaan di Indonesia seusai mengikuti Forum Perdamaian Dunia. “Sungguh saya mengapresiasi dan memberi penghargaan untuk Indosiar yang bisa menyatukan bangsa lewat acara ini. Jadi dangdut selain menjadi sarana dakwah, seperti lagu Judi yang dinyanyikan (Gerson Olivera, Red) tadi. Dangdut juga bisa menyatukan bangsa. Terbukti disini ada beberapa Negara kan?” papar Din.

Pilihan kehadiran Xanana Gusmao di Indosiar, tentu terkait untuk memberikan dukungan kepada warganya yang menjadi kontestan DAA2, Gerson Oliveira, Lola Calcio, Maria Vitoria, dan Dora Bria meski malam itu harus tersingkir mengikuti jejak rekannya dari Timor Leste, yakni; Jerry Kong (tersinggikr pada 25/10), Marco Araujo (tersingkir pada 31/10).

Masih dengan kehebohan Menteri Perencanaan dan Investasi Timor Leste, seperti membuat hiburan tersendiri bagi peserta dari Timor Leste bahkan penonton dan pemirsa Indosiar. Sebab, Xanana Gusmao tanpa dikomandoi, langsung beranjak dari kursinya untuk berjoget ketika Maria Vitoria menyanyikan lagu Tersisih-nya Rita Sugiarto.

Melihat tamu ‘istimewa’ begitu menikmati dan enjoy dengan musik dangdut, maka host DAA2, Irfan Hakim, pada saat Gerson Oliveira peserta asal Timor Leste mendendangkan lagu Judi-nya Rhoma Irama, di bagian refrain dengan lirik kata ‘bohong’ ensemble suara Xanana Gusmao dan Irfan Hakim membuat semakin meriah suasananya.

“Menyatukan dan memperkuat hubungan antara masyarakat lewat musik, bisa memperkuat toleransi saling menghormati dan prinsip dari pertemanan bisa menjadi basis perdamaian dunia. Ini bagus sekali, kita enjoy,” katanya serius. Lantas, tambah Xanana Gusmao, “Musik terutama dangdut mampu menurunkan tegangan antarnegara. Dengan musik, persahabatan bisa dirajut lebih dalam.” (asa).

Bagaimana Xanana Gusmao berjoget dan mengomentari Dangdut? Silakan klik video di bawah ini:

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here