Rahayu Kertawiguna: Saatnya Indonesia Punya UU Musik

0
489
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Oleh: Rahayu Kertawiguna*

Hari ini, Rabu (7/6), ratusan musisi dan pelaku industri musik Indonesia mendatangi Baleg DPR RI di Senayan, Jakarta. Mereka yang menamkan dirinya #KamiMusikIndonesia akan melakukan dengar pendapat dengan anggota Komisi X terkait upaya memajukan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Tata Kelola Industri Musik untuk dimasukkan ke dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2017.

Sementara, naskah akademik RUU itu sendiri  telah rampung digodok. Ini baru langkah awal. Namun bagi saya, hal ini merupakan lompatan jauh terhadap nafas industri musik Indonesia. Selama ini, para seniman dan pelaku industri musik berdarah-darah  memperjuangkan hidup. Karya-karya mereka dibajak hampir tanpa ada perlindungan hukum. Berbagai persoalan yang ada di dalam industri musik hanya bersandar pada UU Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, yang diwakili oleh keberadaan Lembaga Manajemen Kolektif (LMK). Tata kelola musik sama sekali tidak tersentuh secara spesifik di dalam UU tersebut.

Alhasil, seperti yang kita ketahui, betapa amburadulnya penerapan aturan dan hukum di sektor ini.Persoalan di dalam industri musik kita sangatlah beragam. Untuk itu perlu dikawal oleh sebuah UU khusus. Kurang lebih sama dengan industri perfilman Indonesia yang dipayungi UU Nomor 33 Tahun 2009. Dengan demikian, berbagai persoalan yang terjadi dalam industri musik memiliki aturan atau arahan untuk diselesaikan secara hukum.

Sebagai salah satu “stake holder” yang puluhan tahun bekerja dan hidup di dunia musik, saya tentu berharap UU ini dapat segera disahkan. Sudah saatnya para musisi dan pelaku industri musik di negeri ini memperoleh haknya secara manusiawi dan terjamin masa depannya. Selain itu, dengan disahkannya UU ini, praktik pembajakan yang selama ini menjadi momok, dapat ditekan semaksimal mungkin atau diberangus sampai ke akar-akarnya. Maka tidak berlebihan jika kemudian kita bayangkan Industri musik kita menjadi sebuah industri yang maju dan besar!

Salam Kekinian
-RK-

(*) Founder & C.E.O Nagaswara Group

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here