Melongok Dari Dekat Audisi Bintang Pantura Indosiar. Seharian Nyanyi… Nyanyi… Dan Nyanyi…

0
781
Inilah sebagian wajah-wajah yang punya mimpi untuk menjadi pedangdut papan atas.
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Musikpantura.com, JakartaIndosiar kembali menggelar program Bintang Pantura 4 (BP4), dan Jakarta sebagai kota terakhir digelarnya audisi terbuka BP4 yang mengambil lokasi di Studio 3 Indosiar, Jalan Damai, Daan Mogot, Jakarta Barat, pada Minggu (21/5) lalu. Sementara sebelumnya audisi BP4 telah lebih dahulu diselenggarakan di Hotel Singgasana Surabaya (Jatim), pada Senin (10/4) yang silam.

          Peserta audisi BP4 mengawali dengan registrasi.

Minggu pagi nan cerah itu, Indosiar stasiun televisi  yang sarat dengan beberapa program musik dangdut, Program Communication Indosiar, Andika Wattimena mengajak secara khusus Musikpantura.com dengan tagline ‘Siapa Bilang Dangduters Tak Butuh Berita’ untuk melihat dari dekat proses perjalanan audisi BP4.

Terkait BP4, Andika Wattimena mengatakan, selain menggelar audisi terbuka seperti di Surabaya dan Jakarta untuk menjaring pedangdut-pedangdut lokal, juga ada audisi tertutup di beberapa kota seperti Bandung, Serang, Semarang, Karawang, Cirebon, Tegal, dan Banyuwangi.

Para pesrta audisi BP4 unjuk kemampuan menyanyi dihadapan peserta lainnya.

“Artinya BP4 yang tertutup atau terbatas bedanya hanya dari jumlah penyanyi yang memang tidak sebanyak audisi terbuka, bisa mencapai ribuan pedangdut yang mendaftarkan untuk ikutan audisi ini,” kata Andika sambil menunjukkan kearah tenda sarnafil yang dipadati ratusan pedangdut amatir yang tengah berdiri untuk melakukan registrasi selanjutnya duduk untuk menanti pemanggilan nomor dada sebagai identitas pedangdutnya

Berbeda dengan ajang pencarian menyanyi dangdut lainnya, BP4 hadir untuk menjaring penyanyi dagdut lokal dari beberapa penjuru daerah di Indonesia. Andika menceritakan, kriteria umum untuk mengikuti audisi BP terbukan untuk pedangdut pria atau wanita dan berusia lebih dari 17 tahun, punya kemampuan vokal dangdut yang baik. “Juga punya latar belakang pengalaman sebagai penyanyi dangdut yang sudah punya jam terbang di panggung-pangung hiburan lokal di kotanya,” ungkapnya. Terpenting tambah Andika, “Kegiatan BP4 gratis dan tak ada biaya apapun. Mereka cukup bawa foto kopi KTP dan foto berwarna.”

Inilah formulir peserta audisi yang berhak masuk ke Booth Room sebagai tes terakhir.

Di bawah tenda sarnavil itu, satu persatu seusai unjuk kemampuan menyanyi dangdut dihadapan para peserta audisi lainnya. Bagi yang lolos seleksi, peserta audisi diarahkan menuju ke studio untuk menjalani tes vocal. “Di bilik-bilik inilah peserta audisi kembali harus menjalani tes vokal,” ujar Andika kepada Musikpantura.com sambil memperlihatkan bilik bujur sangkar yang berukuran 1.5 meter persegi yang masing-masing bilik tertulis ‘filter’ 1 sampai ‘filter’ 10 ini.

Langkah berikutnya adalah Booth Room sebagai jenjang tes terakhir peserta audisi BP4. Tatkala mengamati ruangan tersebut, Musikpantura.com mendapati Booth Room yang dilengkapi seperangkat keyboard, sound system, Video Camera serta banner bertulisan Bintang Pantura 4.

Beginilah harap-harap cemas dari peserta audisi BP4 yang terseleksi untuk menjalani tes akhir di Booth Room.

“Karena ruangan ini diumpamakan sebagai wujud ‘panggung’-nya BP. Artinya bagi peserta audisi BP4 yang sudah bisa masuk Booth Room bisa berbangga. Tinggal tunggu hasilnya, lolos atau tereliminasi,” papar Andika menutup Tour of Press BP4 bareng Musikpantura.com.

Audisi BP4 digagas Indosiar untuk menemukan bakat-bakat dangdut terbaik tanah air dengan segudang kisah dibalik pengalaman mereka di panggung-panggung off air. “Harapannya BP4 dapat menjadi jembatan bagi para penyanyi dangdut amatir untuk lebih eksis lagi di kancah nasional. Hingga nantinya dapat berkontribusi di Industri dangdut tanah air,” kata PSRD Division Head, Ekin Gabriel membocorkan BP4 akan running di bulan Juli 2017 mendatang.

Peserta dengan nomor dada 9619 sedikitnya boleh tersenyum, karena mampu berda di Booth Room, sebagai tes terakhir.

Sebagai catatan, Bintang Pantura tayangan perdana Senin (274/2015) menghasilkan jawara dangdut Lilis Darawangi (Banyuwangi, Jatim), runner up Kiki (Yogyakarta), ketiga Erna (Majalaya, Jabar). BP2 digelar Senin (27/7/2015) terpilih Toto Anggit (Wonosobo, Jateng), runner up Norman Divo (Batang, Jateng), dan ketiga Selvi (Sukabumi, Jabar). Sedangkan dari gelaran Selasa (13/9/2016) tercatat BP musim ketiga yakni; Tika Zeins (Bandung, Jabar), runner up Iis Susant (Banyumas, Jateng), posisi ketiga Duo Intan (Lampung).

(asa)

Foto-foto: Agus Blues Asianto/FORWAN.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here