Diana Sastra Membungkus ‘Juragan Empang’ Dengan Aroma Tarling

0
1001
Diana Sastra yang tak mengenal kata lelah untuk memayarakatkan tarling. Foto: Elson
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Musikpantura.com, Jakarta – Buat masyarakat yang menetap di sekitar Pantura (pantai utara), sebut saja Indramayu, Majalengka, Kuningan, Cirebon, dan Brebes tentunya tak asing dengan salah satu penyanyi tarling, yakni Diana Sastra yang sejak usia remaja  telah ‘kejeblos’ di dunia tarling. Sehingga tak mengherankan, ia pun mendapat cap Ratu Tarling juga julukan Dewi Pantura.

“Iya karena kebetulan saya berkesenian di tarling, mungkin cara gampangnya para penggemarku bikin julukan dengan Si Ratu Tarling atau Si Dewi Pantura. Koq, jadi kelihatan heboh ya?” ungkap Diana Sastra dalam obrolan bersama Agus ‘Blues’ Asianto dari Musikpantura.com usai mengisi acara Bincang Bintang di Radio Muara 639AM, Jakarta, Selasa (28/2) siang lalu.

Sementara itu, penyanyi  yang terbiasa menyapa penggemarnya di atas panggung dengan teriakan Sedulur FDS (Fans Diana sastra) atau Dianaku ini, sama sekali tak bermimpi untuk memiliki rumah tinggal di Jakarta, kecuali tinggal di tanah kelahiran Cirebon. Alasannya, Diana Sastra menjelaskan, kalau sama sekali menghadapi kesulitan untuk jarak tempuh antara Cirebon – Jakarta pp. “Karena lahir dan dibesarkan, juga trus juga rejeki nyanyinya kebanyakan didapat seputaran Pantura, jadi Jakarta cukup kalau ada job nyanyi sajalah,” paparnya mesam-mesem.

Sedangkan kehadiran Diana Sastra selama tiga hari di Jakarta, ia pun menjelaskan, terkait kegiatan syuting Inbox SCTV (Minggu, 26/2), kunjungan ke kantor redaksi Beritaenam.com, Musikpantura.com serta fitting kostum di Susan Budihardjo (Senin, 27/2), terakhir live Bincang Bintang Radio Muara, Radio CBB dan MatrixTV (Selasa, 28/2). “Jadi ke Jakarta cuma untuk kegiatan promo single Juragan Empang saja,” kata Diana Sastra yang menyertakan sebanyak lima orang dalam promotour ini.

Meskipun ia menyimpan rasa kecintaan yang tingginya terhadap kesenian tarling. Namun Diana Sastra mengungkapkan, kalau kesenian tarling belum mendapatkan ‘kursi empuk’ di industri musik Indonesia, berbanding terbalik dengan musik pop, rock atau dangdut.

“Andaikan saja televisi mau berbagi ‘panggung’ untuk musik tarling seperti jenis musik lainnya. Saya percaya mayor label pasti akan berlomba untuk ngeluari tarling. Karena biar bagaimana selain radio, televisi juga punya peran besar untuk memasyarakatkan tarling,” papar Diana Sastra yang telah mengantongi sebanyak 25 album rekaman, muisk bergenre tarling ini.

Pilihan pun demi memasyarakatkan tarling yang sejatinya hanya melibatkan gitar dan suling. Diana Sastra pun menceritakan, meramu menjadi tardhut (tarling dangdut) juga ikut melengkapi dari hair stylist, kostum, dan aksi panggungnya. “Jadi kalau dulu penyanyi tarling terbiasa dengan gaya berkebaya. Saya mencoba menjungkir-balikan ini lho tarling. Mala pernah juga saya kolaborasikan dengan band reggae, jadinya Tarling-Reggae,” papar Diana yang tengah mempromokan single Juragan Empang Ciptaan Nono Trondol

Karena itu bagai gayung bersambut, tembang Juragan Empang yang berada dalam genre Tarling-Dangdut, Founder ProAktif Musik H. Agi Sugianto mengatakan, ingin ‘membumikan’ musik taring di kancah nasional. “Jadi yang kenal tarling tidak saja masyarakat pantura. Tapi juga tarling bisa melekat di masyarakat Jakarta, masyarakat Sumatera, Kalimantan dan lainnya,” kata Agi yang sukses ‘menindonesiakan’ Trio Macan, bahkan sampai ke negeri tetangga, seperti Malayia, Singapore, dan Brunei.

Bila ingat dengan lagu tarling Pemuda Idaman yang akhirnya bisa men-nasional. Bukan tak mungkin lagu Jurangan Empang yang dinyanyikan kembali Diana sastra lewat labet ProAktif Musik dan telah wira-wiri di INBOX (SCTV) juga Bintang Pantura (Indosiar). “Saya pikir nasib lagu tarlingan Juragan Empang bisa masuk dan diterima di kancah nasional,” ujar penyanyi kelahiran Cirebon, 14 Maret 1978 ini.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here